Hukum & Kriminal
Jumat, 27 Mei 2016 - 02:36:33 | mukti-ali / Sorot Purworejo

Terlilit Hutang, Bapak Kontrakan Gasak Uang Penghuni
Terlilit Hutang, Bapak Kontrakan Gasak Uang PenghuniIklan Samping BeritaPelaku usai diamankan petugas

Puworejo,(sorotpurworejo.com)--Pa (41), warga Kelurahan Pangen Juru Tengah, Kecamatan Purworejo harus mendekam lantaran diringkus anggota Polsek Purworejo. Ia diduga kerap melakukan tindak pencurian terhadap Aminudin (29) yang menghuni di rumah kontrakannya. 

Aksi Pa yang merupakan bapak kontrakan tersebut terungkap setelah korban memasang alat perekam video di salah satu ruang yang kerap menjadi sasaran pelaku.

Saat dimintai keterangan, Aminudin mengaku telah mengontrak di rumah pelaku sejak  beberapa bulan terakhir. Setelah tinggal di rumah kontrakan tersebut, warga Jebres, Surakarta ini beberapa kali mengalami kehilangan uang mencapai total Rp 5.150.000,-.

“Saya kerap beberapa kali kehilangan uang,” kata Aminudin, Kamis (26/05/2016) sore.

Guna mengetahui siapa pelakunya, Amin mensiasati dengan memasang alat perekam di bawah televisi kontrakanya."Setelah saya lihat gambarnya, ternyata Pa yang mengacak-acak kontrakan, dan saya langsung lapor polisi," tambahnya.

Terpisah Kapolsek Purworejo, AKP Bambang Sulistiyo mengungkapkan, pelaku dapat dengan mudah melakukan perbuatannya lantaran mengetahui denah dan kondisi rumah tersebut. 

"Bahkan yang terakhir, pelaku masuk rumah dengan cara memanjat triplek pembatas antara rumahnya dan rumah kontarakan korban lalu masuk ke dalam ruang tamu dan berhasil menggasak uang milik korban. Mendapat laporan, pelaku langsung kami ringkus kemarin," ungkapnya

Berdasarkan pemeriksaan sementara, pelaku diduga keras melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 KUHP dengan ancaman penjara selama 7 Tahun penjara.

Sementara itu, Pa saat dimintai keterangan mengaku mengambil uang tersebut karena terdesak kebutuhan sehari-hari. Terlebih selama ini ia dalam kondisi terlilit banyak hutang.

“Untuk menutupi hutang saya tersebut saya beberapa kali mengambil Amin," kata Pamuji. (Mukti)

Berita Terkait :


HOT NEWS