Gaya Hidup
Kamis, 15 September 2016 - 14:57:35 | widarto / Sorot Purworejo

Hati-hati, Kanker Servik Pembunuh Wanita Nomor Satu
Hati-hati, Kanker Servik Pembunuh Wanita Nomor SatuIklan Samping BeritaPemeriksaan pap smear di Ruang Bersalin RSUD Purworejo

Purworejo,(sorotpurworejo.com)--Kanker servik (kanker leher rahim) merupakan  pembunuh wanita nomor satu di dunia. Bahkan hampir setiap 1 jam tercatat 1 orang meninggal dunia karena kanker servik. Namun bukan berarti kanker servik tidak bisa dicegah.  Banyak hal yang dapat dilakukan  untuk melakukan pencegahan, diantaranya dengan melakukan deteksi dini melalui pemeriksaan pap smear.

Masih banyak kaum wanita yang kurang menyadari akan pentingnya pemeriksaan pap smear ini. Ini terlihat pada seringnya pasien yang terkena kanker servik, melakukan pengobatannya terlambat. Bahkan 90 persen pasien yang datang ke RSUD, sudah terlambat sehingga tidak bisa dilakukan tindakan operasi.

“Padahal bisa dilakukan pencegahan sebelum terserang kanker. Sesuatu hal yang sederhana untuk bisa mendeteksi dini kanker servik, namun masih banyak yang merasa takut. Yang harus hati-hati, seseorang yang terkena kanker servik baik awal maupun lanjut, tidak merasakan sakit. Untuk itulah sangat pentingnya melakukan pap smear,” jelas Dokter Spesialis Kandungan RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo, Dr. Tri Turnianti Hastuti, S.pOG (K) pada kegiatan pemeriksaan pap smear di Ruang Bersalin RSUD Purworejo pada Kamis (15/09/2016).

Kasubbag Humas RSUD, Lely Dewi Pramudyani, S.KM, M.M, mengatakan, terkait hal tersebut, RSUD melakukan promotif dan preventif bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Kebumen melalui pemeriksaan pap smear bagi wanita yang sudah menikah peserta BPJS. Sasarannya yakni karyawati RSUD Dr. Tjitrowardojo, waras-wiris RSUD Dr. Tjitrowardojo, pengurus dan anggota DWP Kabupaten Purworejo, pasien dan masyarakat umum Purworejo.

“Jumlah peserta mencapai 125 orang. Ini menunjukkan antusiasme peserta dalam mengikuti pemeriksaan deteksi dini kanker servik (kanker leher rahim) sangat tinggi. Harapan kami, BPJS Kesehatan bisa melaksanakan kerjasama rutin tiap tahun mengadakan kegiatan pemeriksaan pap smear. Tentunya untuk jumlah kuotanya bisa ditingkatkan sehingga bisa menjangkau lebih banyak sasaran khususnya para wanita masyarakat Kabupaten Purworejo, dengan  harapan menurunkan angka kematian wanita,” ujar Lely.

Berita Terkait :


HOT NEWS