Gaya Hidup
Sabtu, 17 September 2016 - 13:24:45 | mukti-ali / Sorot Purworejo

Daging Kalkun, Kuliner dengan Segudang Vitamin
Daging Kalkun, Kuliner dengan Segudang Vitamin
Salah satu koki sedang mengolah daging kalkun di Warung Kalkun Purworejo.

Purworejo,(sorotpurworejo.com)--Purworejo, sebagai tanah kelahiran sang pencipta lagu Indonesia Raya memang terkenal dengan kabupaten yang memiliki segundang makanan khas. Aneka sajian dapat ditemui di sudut-sudut kota maupun desa.

Namun bagi para penggila kuliner, hidangan daging kalkun menjadi menu yang layak untuk dicicipi. Walau terbilang baru dan cukup menggelikan, namun olahan daging kalkun terbilang cukup diminati oleh masyarakat Purworejo.

Adalah Krisna (39), perintis Warung Kalkun Purworejo. Pria kelahiran Purworejo ini mampu membuang pandangan mainstream masyarakat terhadap ayam kalkun. Sampai saat ini tidak sedikit masyarakat yang masih tabu untuk memakan daging ayam besar dan sangar tersebut.

Berawal dari bisnis jual beli online ayam kalkun siap masak, Krisna mempelajari kandungan vitamin dan khasiat yang ada pada daging kalkun. Namun ide awal memproduksi olahan kalkun ini berawal dari cerita dirinya yang gagal menjalin kerja sama dengan pengusaha Kalkun asal Jakarta.

"Tadinya saya sudah siap bekerja sama dengan menyediakan 100 ekor kalkun per bulan dengan pengusaha Jakarta, sudah saya siapkan, namun tiba-tiba mereka membatalkan sepihak," kata dia.

"Karena kebanyakan stok, kalau dijual cepat rugi, terus saya mikir, di Purworejo belum ada olahan Kalkun, dan saya putuskan merintis kuliner Kalkun," tambahnya.

Meski awalnya Krisna merasa pesimis, karena banyak masyarakat yang takut dengan kalkun, namun lewat ketekunan dan kesabarannya, Mei 2016 lalu ia mampu membuka Warung Kalkun Purworejo di Jalan H. Agus Salim tepatnya di area persawahan buh Legok.

Menurut Krisna, kalkun memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan memiliki aneka vitamin yang sangat menyehatkan bagi tubuh. Krisna menerangkan, bahwa para ahli dari Amerika telah meneliti kandungan daging kalkun, dari penelitian itu, Kalkun dipercaya memiliki vitamin B, B3, B6, rendah kolesterol (15-24 Mg/100 gram kalkun) tinggi Protein (24 persen), mengandung celenium, asam folat, asam amino, asam oleat dan kalium.

"Makan kalkun bisa menstabilkan gula darah. Makan 100 gram per hari selama satu minggu, gula darahnya stabil, tapi masaknya harus hati-hati, yang diambil hanya dagingnya," ungkap Krisna.

"Daging kalkun pun mampu mengobati penderita penyakit diabetes, darah tinggi dan struk," tambahnya.

Dalam sehari, Krisna yang telah memiliki banyak pelanggan ini mengaku mampu menjual satu ekor kalkun dengan bobot 5 kilogram. "Alhamdulillah, jika diitung per porsi, sehari 40 porsi all item," katanya.

Harga yang ditawarkan pun tidak cukup merogoh kocek terlalu dalam, hanya dengan Rp 15 ribu kita mampu menikmati satu porsi kuliner kalkun. Dengan suasana asri perswahan, mengunjungi Warung Kalkun akan membuat pengunjung betah berlama-lama.

Berita Terkait :