Politik
Senin, 31 Oktober 2016 - 15:52:41 | widarto / Sorot Purworejo

Dilaunching, Purworejo Kini Punya Galeri Demokrasi
Dilaunching, Purworejo Kini Punya Galeri DemokrasiIklan Samping BeritaLaunching Galeri Demokrasi di KPUD Purworejo.

Purworejo,(sorotpurworejo.com)--Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Purworejo melaunching rumah pintar pemilu, berupa pembuatan Galeri Demokrasi, di kantor KPUD, Senin (31/10/2016). Acara launching dibarengkan dengan penyerahan hadiah lomba menulis artikel, menulis puisi, membuat poster pemilu berkualitas dan berbudaya, KPU Kabupaten Purworejo.

Berkesempatan, Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti, melakukan pemukulan gong, sebagai tanda telah dibukanya rumah pintar pemilu di KPUD Purworejo, sekaligus menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba.

Ketua KPUD Kabupaten Purworejo, Dulrokhim mengatakan, Galeri Demokrasi merupakan program Rumah Pemilu dari KPU pusat. Di dalamnya memuat konsep pendidikan pemilu yang memanfaatkan media ruang dalam melakukan proyek edukasi kepemiluan kepada masyarakat.

"Di Kabupaten Purworejo kami namai Galeri Pemilu, di kabupaten lain namanya berbeda-beda. Namun maksud dan tujuannya sama," ucapnya.

Diharapkan, dengah hadirnya galeri demokrasi itu, dapat memberikan pemahanan serta pengetahuan tentang pemilu demokrasi. Pemahaman itu dinilai penting untuk menjawab kebutuhan pemilih, utamanya dalam masalah edukasi kepemiluan.

"Galeri demokrasi sendiri membuat informasi nama-nama pasangan calon, perolehan suara Parpol dalam pemilu. Juga tingkat partisipasi pemilih dari pelaksanaan Pemilu di tahun-tahun yang telah lalu," jelasnya.

Upaya yang dilakukan KPUD itu, lanjutnya, diharapkan juga dapat membentuk generasi bangsa yang mampu memperjuangkan nilai demokrasi sesuai khitahnya. Selain itu, dapat melahirkan kebijakan bernas yang memihak pada kesejahteraan masyarakat.

"Muara akhirnya adalah untuk meningkatkan pasrtisipasi pemilih dan pusat informasi ke-pemilu-an. Sasarannya masyarakat umum dari seluruh segmentasi yang ada di dalam masyarakat," tandasnya.

Berita Terkait :


HOT NEWS