Sosial
Minggu, 06 November 2016 - 07:00:11 | mukti-ali / Sorot Purworejo

Polwan Cantik Kampanyekan Gerakan Tanam Pohon
Polwan Cantik Kampanyekan Gerakan Tanam Pohon
Aksi tanam pohon di Desa Kaliwatu Kranggan, Kecamatan Butuh, Sabtu (05/11/2016).

Butuh,(sorotpurworejo.com)--Melihat kodisi bumi yang semakin kronis, dimana kini hutan-hutan gundul tak lagi garang, tanah-tanah ditanami semen, pohon-pohon ditebang demi kepentingan umat manusia, maka langkah penghijauan atau penanaman pohon menjadi vital dibutuhkan untuk mencukupi kandungan oksigen bagi tubuh kita. 

Penanaman pohon juga dapat menyerap CO2 yang berlebih dan berbahaya yang dihasilkan dari atmosfer bumi. Dalam satu tahun, dibutuhkan sekitar 96 pohon untuk menyerap jumlah CO2 yang dihasilkan oleh satu orang. 

Pohon juga menyerap bau dan gas polutan seperti nitrogen oksida, amonia, sulfur dioksida dan ozon, serta menyaring partikulat-partikulat dari udara menggunakan daun dan kulit mereka.

Data National Geographic menyebutkan planet bumi saat ini kehilangan lebih dari 15 miliar pohon setiap tahun atau setara dengan 48 lapangan sepak bola setiap menit. Padahal, keberadaan pohon-pohon sangat vital bagi kelangsungan kehidupan penghuni bumi.

Hal itulah yang disadari oleh jajaran personel Polsek Butuh. Demi menjaga kelangsungan dan kesehatan bumi. Sedikitnya puluhan anggota polisi beserta anggota Koramil Butuh melaksanakan giat menanam pohon di Desa Kaliwatu Kranggan, Kecamatan Butuh, Sabtu (05/11/2016).

Penanaman pohon jati yang dilakukan secara bersama sama ini dilaksanakan disepanjang jalan setapak di kawasan Desa setempat. 

Kehadiran para anggota polwan cantik yang tak ragu berkotor ria mengeruk tanah dan menanam pohon tidak sedikit mengundang perhatian warga sekitar yang melintas. Bahkan anggota TNI pun semakin semangat menanam pohon bersama dengan polwan cantik.

"Pohon itu sangat penting untuk kita lestarikan, semakin banyak pohon semakin bagus, pohon merupakan jantung bumi, jika jantungnya rusak maka seluruh organ tubuh juga akan rusak," kata Bripda Gilang S.

"Maka sangat perlu untuk kita menggalakan kegiatan tanam pohon," imbuhnya.

Menurut dara manis ini, alangkah eloknya jika gerakan penanaman pohon ini tidak hanya dilakukan‎ oleh masing-masing kelompok, namun dilakukan oleh seluruh masyarakat dengan menanam satu pohon satu.

Selain untuk penghijauan, kegiatan tersebut bertujan untuk meningkatkan kekompakan dan sinergitas antara TNI dan Polri. Dengan kegiatan ini diharapkan masing-masing pasukan akan semakin bersinergi dan mampu menyatu serta menghayati pentingnya kehayatian alam.

Sementara itu, Kasi Humas Polsek Butuh Aiptu Suroto, menambahkan untuk kegiatan penanaman pohon bersama ini memang sudah lama direncanakan oleh koramil dan polsek. Pihaknya berharap, kegiatan penanaman pohon bersama ini semakin menyehatkan bumi khususnya menambah kesejukan dan keasrian Desa Kaliwatu Kranggan. 

 

Berita Terkait :