Minggu, 06 November 2016 - 20:47:05 | mukti-ali / Sorot Purworejo

Gelaran Grebeg Lowano Undang Perhatian Ribuan Warga
Gelaran Grebeg Lowano Undang Perhatian Ribuan Warga
Space Iklan
Salah satu ancak berisi aneka makanan diarak warga dalam acara Grebeg Loano.

Purworejo,(sorotpurworejo.com)--Ribuan warga Kecamatan Loano dan sekitarnya tumpah ruah di sepanjang jalan raya Purworejo-Magelang. Kehadiran mereka dalam rangka menyaksikan gelaran Grebeg Lowano, Minggu (6/11/2016).

Dalam kegiatan itu, sebanyak 13 ancak berisi tumpeng dan 3 gunungan hasil bumi beserta kereta kencana yang dinaiki kepala desa serta sejumlah pejabat diarak warga mulai dari halaman Masjid As Sakinah Tanuprayan hingga Masjid Jami Al Iman Loano. 

Kepala Desa Loano, Sutanto menuturkan kegiatan itu merupakan usaha desa dalam nguri-uri kebudayaan. Grebeg Lowano, lanjut Sutanto, menjadi peringatan  mengenang kembali perjuangan para adipati yang pernah memimpin Kadipaten Lowano.

"Grebeg menjadi sarana mengenalkan kearifan lokal Loano kepada masyarakat," terangnya.

Selesai diarak, gunungan dan tumpeng berisi aneka hasil bumi itu lantas didoakan kiai desa dengan harapan agar warga Desa Loano khususnya mendapat berkah dari sang khalik. Usai didoakan warga yang telah menunggu sejak awal kemudian berebut makanan dalam ancak dan gunungan. 

"Tradisinya memang seperti ini, dipercaya makanan dalam ancak akan membawa berkah bagi warga jika dikonsumsi," terang Sutanto.

Sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Purworejo, DPRD dan sejumlah tokoh masyarakat hadir menghormati gelaran Grebeg.

Mewakili Bupati Purworejo, Sekda Tri Handoyo mengatakan, pemerintah mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan warga Loano. Selain mempertahankan budaya, katanya, kegiatan itu juga bisa menjadi daya tarik wisata. 

"Ada manfaat lain, apabila dikelola dan dipromosikan dengan maksimal, akan mampu menarik pengunjung," tuturnya.

Berita Terkait :


HOT NEWS