Budaya
Rabu, 09 November 2016 - 18:08:53 | ansori / Sorot Purworejo

Museum Sejarah Mini Loano Sajikan Perlengkapan Raja
Museum Sejarah Mini Loano Sajikan Perlengkapan Raja
Space Iklan
Beragam benda yang dipamerkan di muesum mini di Desa Loano.

Loano,(sororpurworejo.com)--Pameran museum mini di Desa Loano, Kecamatan Loano merupakan salah satu rangkaian kegiatan bersih Desa Loano tahun ini.

Dalam pameran ini Pemerintah Desa Loano mengambil tema "Tajuk Mengenang Sejarah Kadipaten Lowano". Dipamerkan juga ratusan artefak yang terdiri dari tosan aji yaitu, benda-benda berupa jimat, perlengkapan raja atau Mahtota Adipati Lowano.

Selain itu juga di dalam pameran terdapat rahmen terakota yang ditemukan di situs pager boto, keping dan koin uang kuno. Ada pula beberapa perkakas pertukangan, beberapa fragmen keramik Cina tunggak batu, penambat kuda, dan fragmen patung arca mahakala yang baru ditemukan beberapa waktu yang lalu.

"Acara dimulai dari tanggal 8 sampai dengan tanggal 10 November. Alhamdulillah masyarakat sekitar sanggat antusias serta masayarakat luar juga banyak yang datang," kata Penanggung jawab Pameran yang juga sekertaris panitia bersih desa Loano 2016, Erwan Wilodiloho, Rabu (09/10/2016).

Menurut Erwan, bahwa kelestarian sejarah dari sebuah peradaban adalah tanggung jawab bersama karena ketika manusia telah melupakan sejarah sebenarnya manusia telah lupa dengan jati diri manusia sendiri.

"Dalam pameran ini gratis, yang berbayar adalah visualisasi movie sejarah Loano yang ditayangkan selama museum buka. Serta ada beberapa mercendes seperti membeli buku, kaos dan topi. Bagi yang ingin mengetahui sejarah Lowano lebih dalam dapat mebeli buku Lowano The Hidden History harga terjangkau," ungkap dia.

Terpisah, salah satu pengunjung, Kelik Putra Mandiri, salah satu mahasiswa Purworejo mengatakan, bahwa sebagai pengunjung melihat kreativitas baru yang nantinya akan berdampak positif bagi seniman, sejarahwan dan masyarakat lainya yang bisa mengetahui sejarah Loano dan kabupaten Purworejo.

"Setelah tahu sejarah disini nantinya masyarakat umum dan anak muda akan berfikir mencari tahu bagaimna caranya membudidayakan dan membangun, apa yang kita miliki sediri. Dan juga bisa nantinya untuk bahan penlitian," kata dia.

Berita Terkait :


HOT NEWS