Sosial
Senin, 21 November 2016 - 08:16:28 | widarto / Sorot Purworejo

Puluhan Anggota Klub Motor Tanam Pohon di Bekas Lokasi Longsor
Puluhan Anggota Klub Motor Tanam Pohon di Bekas Lokasi Longsor
Space Iklan
Anggota klub motor saat melakukan penanaman.

Purworejo, (sorotpurworejo.com)--Puluhan anggota klub motor dari sejumlah komunitas, seperti bikers CB Purworejo, CB Jogja, relawan KCBI Purworejo, relawan warga Karangrejo Mastana, bersama BPDAS Wonosari Gunungkidul Yogyakarta, menggelar bakti sosial berupa penanaman tiga ribu pohon di lokasi bekas longos Dusun Caok, Desa Karangrejo, Kecamatan Loano, Minggu (20/11/2016). Penanaman pohon itu, dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian para anggota club motor bersama BPDAS Wonosari Gunungkidul, Yogyakarta, untuk menghijaukan kembali lokasi bekas longsor.

"Agar lokasi bekas longsor ini kembali hijau, selain itu untuk menjaga ekosistem alam, dengan ditanami pohon, diharapkan dengan banyaknya pepohonan, lokasi tidak mudah longsor. Apalgi selama terjadi longsor, lokasi ini belum pernah dapat bantuan bibit pohon," ujar Hani Putra, salah satu relawan KCBI Purworejo.

Dikatakan, program bakti sosial dengan judul KCBI Peduli Alam itu, selain melakukan penanaman pohon, juga memberikan bantuan bibit pohon kepada sekitar 42 Kepala Keluarga yang tinggal disekitar lokasi longsor. Bibit yang diberikan itu berupa bibit pohon duren, asem jawa, jambu biji, gamelina, gayam, akasia dan mahoni. "Bantuan bibit pohon itu diharapkan bisa ditanam para warga, juga dilokasi bekas longsor lain, yang ada di desa Karangrejo ini," katanya.

Menurutnya, bantuan bibit pohon itu, juga bisaa dijadikan untuk dibudidayakan sebagai sandaran ekonomi setelah seluruh vegetasi yang tumbuh di lahan mereka terkena bencana.

KCBI Purworejo sendiri, lanjutya, berencana akan memperluas distribusi bantuan benih tidak hanya untuk warga Karangrejo. Komunitas pecinta sepeda motor itu akan mengevaluasi program penghijauan Karangrejo, kemudian akan mengajukan proposal kepada BPDAS Yogyakarta untuk penanaman gelombang kedua. "Kami ingin memperluas penghijauan di Donorati, Jelok dan desa terdampak longsor lainnya," ujarnya.

Berita Terkait :


HOT NEWS