Sosial
Minggu, 27 November 2016 - 21:02:06 | ansori / Sorot Purworejo

Peduli Muslim Rohingya, Mahasiswa Galang Dana di Alun-alun
Peduli Muslim Rohingya, Mahasiswa Galang Dana di Alun-alun
Mahasiswa UMP melakukan pengalangan dana Rohingya.

Purworejo,(sorotpurworejo.com)--Kekerasan terhadap kaum minoritas Muslim Rohingya yang terjadi belum lama ini menarik simpatik beberapa kalangan termasuk di Indonesia. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) yang tergabung dalam Forum Lingkar Mahasiswa (FLM) melakukan penggalangan dana sebagai bentuk kepedulian terhadap Muslim Rohingya, Myanmar.

Puluhan mahasiswa itu melakukan penggalangan dana dengan long march dari kampus UMP, galang dana di perempatan jalan Alun-alun Purworejo kemudian orasi dan teatrikal dari UKM Teater UM Purworejo.

Andi Mahfuri, Koordinator Penggalangan Dana Peduli Muslim Rohingnya mengatakan, penggalangan dana yang melibatkan gabungan mahasiswa UMP seperti ORTOM, UKM dan HIMA sebagai bentuk kepedulian mahasiswa menyerukan nilai kemanusiaan di tengah krisis kemanusiaan.

"Kami mencoba mengajak warga Purworejo untuk peduli terhadap kekerasan yang terjadi di Myanmar," katanya, Minggu (27/11/2016).

Lanjut dia, penggalangan dana yang sudah dilakukan sejak hari Kamis (24/11) hingga Minggu (27/11) akan disalurkan melalui Lazismu PP Muhammadiyah.

"Dana yang terkumpul sampai hari ini sejumlah Rp 14.149.800,- dan akan menunggu dari mahasiswa lain yang masih melakukan penggalangan dana," ujarnya.

Terlepas dari penggalangan dana, dia sangat prihatin terhadap kaum minoritas yang ada di Myanmar yang ditindas oleh aparat militer Myanmar. Terancam kemerdekaannya dan kehilangan tanah airnya.

"Karena atas dasar apapun tindakan represif militer Myanmar tidak bisa dibenarkan. Untuk itulah kami mengajak warga untuk peduli terhadap kaum muslim Rohingya," pungkas dia.

Berita Terkait :