Politik
Kamis, 08 Desember 2016 - 14:40:21 | mukti-ali / Sorot Purworejo

Pemerintah Kumpulkan Partai Politik Pasca Aksi 212
Pemerintah Kumpulkan Partai Politik Pasca Aksi 212Iklan Samping BeritaAkhmad Kasinu saat menyampaikan materi pada acara kegiatan Forum komunikasi antar lintas partai politik‎.

Purworejo,(sorotpurworejo.com)--Pemeritah Kabupaten Purworejomelalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mengumpulkan seluruh partai politik yang ada di Purworejo di Gedung Wanita A. Yani Purworejo, Kamis (08/12/2016). Dalam acara yang dikemas diskusi bertajuk Forum Komunikasi Lintas Antar Partai Politik Kabupaten Purworejo sejumlah persoalan dibahas, salah satunya kondusifitas dan keamanan pasca Aksi Bela Islam III pada Jumat (02/12) lalu di Jakarta.

"Ini kaitanya guna meredam isu-isu aksi doa bersama kemrin. Seluruh parpol kita kumpulkan agar tercipta kondusifitas, kemarin isu agama sudah kita bahas lewat forum FKUB, sekarang jalur parpol," kata Kepala Kesbangpol Purworejo, Gatot Bambang Seno Aji.

Adanya isu-isu usaha dari kelompok kecil dalam masyarakat yang ingin merubah nilai-nilai dasar Pancasila dan mengembangkan paham primordialisme sempit berdasarkan agama, etnik dan golongan serta pemaksaan ideologi harus diantisipasi oleh seluruh elemen.

"Kondisi geografis Purworejo yang berupa dataran rendah, bukit, memiliki pantai yang cukup panjang membuat Purworejo rentah terhadap masuknya berbagai budaya, manusia, sistem nilai yang berdampak pada kerukunan hidup di Purworejo," ujar Akhmad Kasinu, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik yang bertindak selaku pemateri.

Hal itu dapat ditanggulangi dengan cara komitmen menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai kebhinnekaan. Menurut Kasinu, kerukunan antar dan internal etnis dan elemen beragam sangat penting karena agama bagi masyarakat Purworejo sistem acuan nilai.

"Perlunya menumbuhkan semangat kebersamaan yang mampu menjadikan jati diri bangsa kita semakin kuat," katanya.

Pemerintah daerah, kata dia, perlu menfasilitasi berbagai eleman masyarakat untuk meningkatkan sistem dialog, melanggengkan tradisi silarurahmi dan kerjasama antar lembaga guna mewujudkan harmonisasi kehidupan di Purworejo.

Berita Terkait :


HOT NEWS