Peristiwa
Jumat, 09 Desember 2016 - 19:14:26 | widarto / Sorot Purworejo

Tak Kuat Nanjak, Truk Batu Bara Terguling
Tak Kuat Nanjak, Truk Batu Bara Terguling
Kondisi kendaraan sebelum dievakuasi.

Bagelen,(sorotpurworejo.com)--Diduga tak kuat saat melaju di tanjakan jalan Purworejo-Yogyakarta, tepatnya di samping makam umum Sasono Loyo Secandi, Karangjambu, Desa Dadirejo, Kecamatan Bagelen, truk pengangkut batubara dengan Nopol B 9819 DI, mundur dan terguling di tepi jalan, pada Jumat (09/12/2016) sekitar pukul 00.00 WIB. Beruntung tak terjadi korban jiwa dalam kecelakaan tunggal itu, sang sopir yang belum diketahui namanya selamat, sedangkan kernet yang juga belum diketahui namanya, mengalami luka di bagian kaki dan dilarikanke petugas kesehatan terdekat.

Ria (30), warga Karangjambu, Desa Dadirejo, saat ditemui di lokasi kejadian menceritakan, truk pengangkut batu bara itu diketahui membawa barang dari Cilacap dan hendak dibawa ke daerah Palur Solo. “Saat sampai di lokasi kejadian, atau tanjakan itu, sang sopir mengaku hendak mengoper perseneling mobil, namun tidak pas, dan akhirnya truk mundur. Karena di belakang truk ada kendaraan lain, akhirnya sang sopir banting setir ke kiri, dan ternyata roda belakang masuk kedalam bekas galian kabel. Tak bisa dikendalikan, truk miring lalu terguling,” ungkapnya.

Kondisi bodi truk tampak mengalami kerusakan cukup parah, dan barang muatan batubara tumpah hampir mengenai rel ganda kereta api yang berada dekat dengan lokasi kejadian. “Pada keesokan hari, saya diberikan minta untuk carikan truk untuk mengangkut barang itu, untuk dilanjutkan dibawa ke Solo, dan barang berhasil selesai dievakuasi menggunakan truk kecil pada sore ini,” katanya.

Dikatakan, sang sopir dan kernet pergi menginggalkan truk yang terguling dan pulang ke Cilacap. “Sejak pagi supir dan kernet sudah tidak ada di tempat, meminta saya untuk menjaganya. Katanya pulang ke Cilacap dan kabarnya akan kembali pada Jumat malam ini, sekaligus membawa truk derek untuk mengevakuasi truk yang terguling,” ujarnya. 

Hingga berita ini diturunkan, truk masih berada di lokasi kejadian dan belum dilakukan evakuasi.

Berita Terkait :