Olahraga
Sabtu, 17 Desember 2016 - 07:46:31 | mukti-ali / Sorot Purworejo

Akibat Lima Hari Sekolah Banyak Atlet Gantung Raket
Akibat Lima Hari Sekolah Banyak Atlet Gantung Raket
Ilustrasi by net.

Purworejo,(sorotpurworejo.com)--Diberlakukanya kebijakan lima hari sekolah dinilai mempersempit ruang gerak atlet bulu tangkis di Kabupaten Purworejo. Hal itu ditandaskan oleh Saiful Rohman, Sekretaris Pengurus Kabupaten Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Purworejo, Jumat (16/12/2016).

"Padatnya jam belajar disekolah akibat diterapkanya aturan lima hari sekolah berdampak pada jam latihan atlet, atlet-atlet sekarang hanya mampu berlatih seminggu dua kali. Itu kalau mereka tidak memilih liburan," katanya di sela-sela Kejurkab Bulutangkis Bupati Cup 2016 Kabupaten Purworejo di GOR YGHS Purworejo. 

Saat ini, menurut Rohman, meski diusia pradini hingga pemula banyak atlet, namun setelah memasuki usia reamaja, para atlet banyak yang memilih gantung raket. Banyaknya atlet yang gantung raket menurutnya akibat kebijakan pemberlakuan lima hari sekolah. 

"Yang jelas, mereka gantung raket karena mereka terlalu lelah,  mereka harus mempersiapkan diri berangkat ke sekolah lebih awal. Di sekolah, jam istirahat hanya terbatas, kemudian harus melanjutkan kegiatan belajar mengajar hingga sore. Pastinya, saat pulang ke rumah, kondisi fisik mereka sudah kurang fit," katanya.

Menurutnya, Kabupaten Purworejo menyimpan bibit-bibit unggul di kancah perbulutangkisan. Meski demikian, jika tidak ada dukungan berbagai pihak, khususnya pemerintah daerah untuk mendorong kemajuan bibit-bibit unggul tersebut, hal itu mustahil direalisasikan.

"Dibanding kabupaten lain kita kalah jauh, di Kedu saja kita kalah dengan Magelang, Kebumen, mereka mempunyai GOR khusus bulu tangkis. Sedangkan kita, GOR saja digunakan untuk beragam cabang, di sini (YGHS) kita latihan harus bayar," ujarnya.

"Belum lagi ditambah jam latihan yang kurang, dengan kodisi seperti ini bagaimana kita mau menjadi juara," tegasnya.

 

Atlet bulu tangkis saat pembukaan Kejurkab Bupati Cup 2016.

Berita Terkait :