Pendidikan
Minggu, 18 Desember 2016 - 15:35:48 | mukti-ali / Sorot Purworejo

Festival Tari Pelajar Berlangsung Ketat, Sekolah Ini Jawaranya
Festival Tari Pelajar Berlangsung Ketat, Sekolah Ini Jawaranya
Space Iklan
Para juara berfoto bersama usai pembagian trofi.

Purworejo,(sorotpurworejo.com)--Festival Tari Kreasi Karya Siswa tingkat SMP dan SMA sederajat se-Kabupaten Purworejo berlangsung ketat. Kreasi tarian yang eksotis dipadu dengan bulatan kostum menarik membuat para penari terlihat anggun lagi cantik.

Pada kesempatan itu, tari kreasi berjudul Nafas Bumi karya siswa SMPN 8 dan tari berjudul Rampak Tani garapan siswa SMAN 2 berhasil keluar menjadi jawara pada ajang yang digelar Komite Tari Dewan Kesenian Purworejo (DKP), Minggu (18/12/2016) di Gedung Kesenian Sarwo Edhi Wibowo.

"Untuk SMP, juara 2 diraih oleh SMP 2 Muhammadiyah dengan tarian berjudul Berlayar, juara 3 SMP N 31 yang menyajikan tarian berjudul Ndayakan. Sementara juara harapan dirai oleh SMP Muhammadiyah lagi, tarinya berjudul Kolaborasi," ungkap panitia penelenggara Rini Setyoningsing usai pembagian trofi.

Untuk kategori SMA juara 2 dan 3 diraih oleh SMAN 1 dengan tarian berjudul Asir Wada dan Glethek. Sementara juara harapan 1 dan 2 diraih oleh SMAN 8 dengan tarian berjudul Melati Pagar Nusa dan Mudha Waspodo serta juara harapan 3 SMAN 4 yang menyuguhkan tarian berjudul Cenil.

"Masing-masing pemenang berhak mendapatkan trofi, piagam serta uang pembinaan masing-masing kategori totalnya Rp 2.250 ribu," katanya.

Lebih jauh Rini mengatakan, festival tari kreasi siswa merupakan agenda DKP sebagai upaya memberikan ruang kepada anak-anak untuk berkreasi, berekspresi dan berapresiasi melalui seni tari. Kompetisi yang baru kali pertama digelar ini sekaligus menjadi ajang mempererat jalinan silaturahmi antar siswa, baik tingkat SMP maupun SMA sederajat.

“Festival Tari Kreasi Karya Siswa diharapkan akan merangsang para para pelajar untuk tertarik, lebih aktif, dan kreatif dalam mengekspresikan seni budaya bangsa,” ujarnya.

"Untuk ajang yang pertama, ini tergolong cukup baik, diikuti oleh 4 SMP dan 9 SMA. Rencananya acara ini akan menjadi agenda tahunan," pungkas Rini.

Berita Terkait :


HOT NEWS