Gaya Hidup
Minggu, 25 Desember 2016 - 12:59:35 | mukti-ali / Sorot Purworejo

Remaja Hamil Terancam Kena Penyakit Kanker
Remaja Hamil Terancam Kena Penyakit KankerIklan Samping BeritaIlustrasi by net.

Purworejo,(sorotpurworejo.com)--Angka kehamilan remaja di Purworejo terutama yang di luar nikah memang luar biasa. Namun jumlah yang luar biasa tersebut ternyata mempunyai efek buruk khususnya bagi para pelaku hamil di luar nikah. 

Informasi yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Purworejo sampai September 2016 tercatat 125 remaja hamil di luar nikah. Itupun belum termasuk remaja yang sudah hamil namun memutuskan untuk menikah. 

Banyak dari pelaku remaja hamil di luar nikah yang tidak berfikir panjang atas risiko berhubungan seksual sebelum waktunya. Kepala Dinas Kesehatan Purworejo, Kuswantoro menuturkan, ada beberapa efek buruk dari hubungan seksual yang dilakukan remaja. Dari segi medis, kanker serviks adalah salah satu potensi penyakit yang bisa menyerang mereka yang melakukan hubungane seksual di luar nikah.

Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Leher rahim sendiri berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina.

"Ya tentu bisa terkena kanker serviks. Tapi ini resiko jangka panjangnya karena mereka yang melakukan hubungan seksual terutama di bawah umur belum siap secara fisik. Idealnya ya di atas 20 tahun, 21 lah minimal," terangnya, Minggu (26/12/2016).

Disamping itu, hubungan seksual di luar nikah sebelum waktunya hingga menyebabkan kehamilan juga bisa terjadi pendarahan ketika melahirkan. Bahkan bayi yang dilahirkan bisa memiliki berat badan rendah hingga menyebabkan kematian ketika dilahirkan. 

"Bukan cuma fisik, secara psikis kan juga belum siap lah. Belum siap juga ngurusin anak," ujarnya.

"Sebenarnya beragam upaya sudah kita lakukan. Sosialisasi kesehatan kepada remaja di sekolah-sekolah. Kita juga membuka puskesmas layanan remaja di Bragolan, Kutoarjo, Semawung, Ngombol," pungkasnya.

Berita Terkait :


HOT NEWS