Pendidikan
Rabu, 28 Desember 2016 - 08:58:43 | mukti-ali / Sorot Purworejo

Menteri PAN-RB Minta Kualitas Guru Ditingkatkan
Menteri PAN-RB Minta Kualitas Guru Ditingkatkan
Space Iklan
Menteri PANRB saat menyampaikan pidatonya di aula SMAN 1 Purworejo.

Purworejo,(sorotpurworejo.com)--Tenaga pendidik diminta meningkatkan kualitas. Tujuannya supaya pendidikan di Indonesia dapat berkembang pesat . Terlebih dengan adanya dukungan pemerintah, salah satunya dengan besarnya alokasi dana pendidikan sebesar 20 persen dari APBN. 

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur saat memberikan motivasi di SMA Negeri 1 Purworejo saat melakukan lawatan kunjungan kerjanya di Purworejo, Selasa (27/12/2016).

"Karena itu, insan pendidikan harus mampu memanfaatkannya secara serius, anggarannya besar maka harus kualitasnya harus lebih besar. Ini tidak ada di negara lain, hanya ada di Indonesia,” ungkap

Lebih lanjut diungkapkan, tantangan terbesar bangsa Indonesia saat ini adalah era globalisasi yang menyebabkan dinamika dunia berubah dengan cepat. Hal itu perlu disikapi oleh masyarakat dengan menerapkan pola berpikir dengan cepat. “Di dunia pendidikan juga begitu. Dalam hal ini, maju mundurnya institusi sekolah bergantung pada gurunya. Kita harus dapat berpikir dengan cepat,” ungkapnya.

Pihaknya juga menjelaskan, bahwa minat baca di Indonesia memprihatinkan, dimana minat baca rakyat Indonesia hanya sebesar 0,01 persen. Bahkan Indonesia kalah dengan Negara tetangga Malaisya sebesar 25-30 persen.

"Jadi jika ada 1.000 orang hanya satu orang yang membaca," katanya.

Dalam paparanya, sang Menteri berujar, tenaga administrasi Indonesia 65 persen adalah juru ketik. Mereka bukan merupakan ahli di bidangnya, bahkan di salah satu daerah, guru dijadikan Kepala Dinas Perhubungan karena dianggap mensukseskan pemilihan bupati.

"Semoga tenaga di SMA ini semuanya profesional," katanya.

Di hadapan seratusan siswa, Asman juga memberikan motivasi dengan membeberkan perjalanan suksesnya hingga menjadi menteri. Asman yang mengawali kariernya menjadi guru dan pengusaha mengaku bahwa perjalanannya tidak mudah. Namun, berkat keseriusannya, ia mampu menjadi pengusaha sukses, anggota DPR RI, Wakil Wali Kota hingga Menteri.

“Keberhasilan kuncinya kerja keras, tidak pernah malas. Selanjutnya kita harus memiliki cita-cita yang besar, jangan pelit dengan cita-cita,” ungkapnya.

Kali ini kedatangan Menteri yang belum lama duduk di Kabine Jokowi bersama Sekretaris Kementerian PANRB yakni Dwi Wahyu Atmaji dan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr Adi Suryanto.

Pada akhir pidatonya Asman kembali memberikan motivasi bagi siswa melalui tulisan berisi pesan di sebuah prasasti.

Berita Terkait :


HOT NEWS