Ekonomi
Rabu, 28 Desember 2016 - 09:30:27 | widarto / Sorot Purworejo

Harga Dua Kepokmas Naik
Harga Dua Kepokmas Naik
Pedagang ayam di salah satu pasar di Purworejo.

Purworejo,(sorotpurworejo.com)--Memasuki perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 harga dua jenis komoditi kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) yang dominan dikonsumsi masyarakat mengalami kenaikan di pasaran. Keduanya yakni daging ayam ras yang naik sekitar Rp 2 ribu dan cabai keriting yang naik sekitar Rp 5 ribu. Meski demikian, harga sejumlah Kepokmas lain masih normal.

Hal itu disampaikan oleh Martono, Kasi Pengelolaan Pasar Dinkoperindagpar, kepada wartawan, Selasa (27/12/2016). Diungkapkan, selain cabai dan daging ayam ras, harga sejumlah Kepokmas lainnya aman. Pasokan yang ada di pasaran juga aman. Bahkan, ketersediaan komoditi beras di Gudang Bulog Butuh saat ini mencapai 5.099 ton dan diprediksi cukup untuk memenuhi kebutuhan selama 6 bulan ke depan.

“Berdasarkan survei yang kita lakukan di sejumlah pasar, seperi Pasar Kutoarjo, Grabag, Kaliboto, dan Suronegaran Rabu lalu, kebutuhan pokok seperti gula pasir, minyak goreng, dan telur, aman,” ungkapnya.

Menurut Martono, stok bahan bakar minyak (BBM) dan gas LPG juga tercukupi dengan lancar. Untuk menghadapi lonjakan permintaan gas LPG, Pertamina menambah kuota 10% dari kuota tahun 2016 yakni 5.076.000 tabung.

“Sehingga total alokasi tahun 2016 sejumlah 5.400.000 tabung. Untuk LGP e Kg sampai dengan akhir Desember masih cukup,” jelasnya.

Terkait event pariwisata, Martono menyebutkan bahwa Pemkab melalui Dinkoperindagpar bakal menggelar pentas seni dan hiburan Tahun Baru di Pantai Jatimalang.

Berita Terkait :