Komunitas
Jumat, 30 Desember 2016 - 10:17:49 | mukti-ali / Sorot Purworejo

Pelukis Bagelen Kirim Pesan Damai Lewat Kanvas
Pelukis Bagelen Kirim Pesan Damai Lewat KanvasIklan Samping BeritaBupati Purworejo saat menilik lukisan yang dipamerkan para seniman.

Purworejo,(sorotpurworejo.com)--Sebanyak 15 seniman lukis yang tergabung dalam Komunitas Pelukis Bagelen (KPB) menggelar pameran bertajuk Beautiful of Bagelen, Salon des Refuses II di gedung Kesenian Sarwo Edhi Wibowo, Kamis (29/12/2016). Pesan damai dan rasa persudaraan menjadi api semangat yang digelontorkan oleh seniman para seniman. 

Api semangat persaudaraan tersebut mereka gelorakan dalam sebuah kanvas putih bertuliskan "Setiap kali bangsa kita dicoba diretakkan, setiap kali sesama manusia dicoba diceraiberaikan, selalu ada yang berteriak, tidak...!!! Kita Bersuadara".  

Bupati Purworejo, Agus Bastian yang hadir dalam kesempatan itu menandai pembukaan pameran lukisan Beautiful of Bagelen dengan menandatangani Pesan damai itu tersebut.

Ketua KPB, Bramantyo Ast mengatakan, pesan itu diungkapkan sebagai respon terhadap kondisi bangsa yang belakangan ini gaduh oleh berbagai persoalan yang cukup mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Jadi konteks pesan ini sangatlah luas. Tidak hanya dalam lingkup nasional, tapi di lingkup lokal juga benih-benih perpecahan dalam berbagai sendi kehidupan juga mulai bermunculan," katanya.

Terkait pameran lukisan, Bramantyo mengungkapkan, pameran ini diikuti oleh 15 orang pelukis anggota KPB dengan sedikitnya puluhan lukisan dipamerkan. Pameran ini dimaksudkan untuk menggeliatkan dunia seni rupa di Purworejo.

"Banyak maestro lukis yang di Indonesia yang dilahirkan dari bumi Bagelen. Karya mereka bahkan diapresiasi hingga luar negeri. Tentu ini menjadi semacam spirit bagi kami untuk terus berkembang dan menyemangati diri bahwa putra Purworejo ternyata memiliki potensi," tandasnya.

Dikatakan, pameran bakal digelar selama tiga hari hingga malam tahun baru. Sebagai pamungkas, pameran ini akan dipuncaki dengan Jagongan Budaya sebagai resolusi menyambut tahun baru 2017.

"Untuk BoB sendiri rencananya akan digelar sebagai agenda rutin KPB. Diharapkan BoB ini dapat memantik seniman-seniman di Kabupaten Purworejo untuk terus berkarya," katanya.

Sementara itu, Bupati Purworejo Agus Bastian dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tinggi terhadap penyelenggaraan pameran lukisan yang digelar oleh KPB. Menurutnya, kegiatan pameran tersebut sangat sinergis dengan program Pemkab Purworejo yang saat ini sedang getol mengangkat dunia seni, budaya dan pariwisata Purworejo.

Berita Terkait :


HOT NEWS