Peristiwa
Selasa, 03 Januari 2017 - 18:35:19 | mukti-ali / Sorot Purworejo

Satu Tewas Terbakar, Setahun Sepuluh Kejadian
Satu Tewas Terbakar, Setahun Sepuluh Kejadian
foto dok. sorot

Purworejo,(sorotpurworejo.com)--Jumlah peristiwa kebakaran yang terjadi tahun 2016 kemarin terbilang cukup tinggi. Hanya setahun, Petugas Pemadam Kebakaran (PMK) Kabupaten Purworejo menangani 10 kejadian dengan merenggut nyawa seorang korban.

Kejadian kebakaran terjadi di beberapa kecamatan. Sejak Januari hingga April dalam sebulan setidaknya ada 2 peristiwa kebakaran di Kabupaten Purworejo dan sekitarnya.

Data yang berhasil dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupatan Purworejo didapati 10 kejadian kebakaran terjadi selama setahun kemarin, yakni di Kecamatan Pituruh, Gebang, Purwodadi, Bruno, Bagelen, dan Kemiri.

"Gebang, Kemiri dan Bagelen masing-masing 2 kali kejadian," ungkap Kabid Kegawatdaruratan dan Logistik BPBD Purworejo, Sigit Ahmad Basuki, Selasa (03/01/2017).

Kebakaran kerap terjadi pada bulan Januari, ada sebanyak 4 kejadian di 4 kecamatan. Selebihnya kebakran terjadi pada bulan Februari hingga April 2016.

Sigit mengungkapkan, penyebab terjadinya kebakaran rata-rata dari faktor kelalaian manusia dan korsleting listrik. Namun kebanyakan penyebab kebakaran disebabkan faktor manusia.

Dia mencontohkan kebakaran yang terjadi di Desa Durensari, Kecamatan Bagelen mengakibatkan kerugian material Rp 100 juta. Satu rumah hangus akibat pemilik menyalakan lilin kemudian ditinggal pergi.

“Kalau korban meninggal hanya 1 orang. Itu terjadi di Kecamatan Bruno, Desa Krajan. Korban tewas terbakar karena rokok yang dihisapnya membakar kasur saat dirinya ketiduran. Itu data yang ada laporannya dan kita assesment ke lapangan. Sedang total kerugian material akibat kebakaran mencapai Rp 165 juta,” beber Sigit.

 

Berita Terkait :