Rabu, 04 Januari 2017 - 08:30:10 | mukti-ali / Sorot Purworejo

Desa Pangan dan Kemiskinan Jadi Topik Awal Tahun
Desa Pangan dan Kemiskinan Jadi Topik Awal Tahun
Space Iklan
foto dok. sorot

Purworejo,(sorotpurworejo.com)--Tiga komisi di DPRD Kabupaten Purworejo yakni A, B dan D mengajukan rancangan Perda prakarsa pada sidang paripurna perdana awal tahun 2017 di gedung DPRD Purworejo, Selasa (03/01).

Ketiga raperda tersebut adalah Raperda tentang Kerjasama Desa oleh Komisi A, Raperda Tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan yang diajukan Komisi B, serta Raperda Percepatan Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Purworejo oleh Komisi D. 

Supangat, juru bicara Komisi A dalam paparannya menyebutkan, dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintah desa yang baik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat perlu didukung adanya kerjasama desa dalam penyelenggaraan seluruh kewenangan desa.

"Dalam hal ini desa perlu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak diantaranya dengan pihak ketiga dan desa lain," kata Supangat. 

Nantinya, lanjut Supangat, kerjasama diarahkan meliputi seluruh bidang kehidupan yang dibutuhkan warga desa. Diharapkan adanya Perda Kerjasama Desa akan menjadi pedoman baku bagi pemerintah desa dan masyarakat membentuk sebuah kerjasama dengan berbagai pihak.

Mengenai Raperda Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan, Sugeng Santoso dari Komisi B menyatakan, hal itu menjadi upaya pemerintah melakukan perlindungan terhadap kawasan dan lahan pertanian pangan secara berkelanjutan, serta menjamin ketersediaan lahan pertanian pangan. 

"Secara umum tujuan Raperda ini adalah untuk meningkatkan kemakmuran serta kesejahteraan petani. Selain itu juga untuk memberikan perlindungan, pemberdayaan kepada petani, serta penyediaan lapangan kerja," ungkap Sugeng.

Sementara itu, Rujiyanto dari Komisi D menjelaskan, mengingat masih tingginya angka kemiskinan di Purworejo dan belum diimbangi dengan upaya penanggulangan kemiskinan yang optimal, maka diperlukan adanya Perda Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. Dibutuhkan langkah strategis dan terintegrasi melalui berbagai program penanggulangan kemiskinan yang dilasanakan secara optimal, efektif, efisien dan berkelanjutan. 

"Ruang lingkup yang akan dijabarkan dalam Raperda ini terbagi dalam 13 poin yang akan membantu mengawal program pengentasan kemiskinan di Purworejo," kata dia.

 

 

Berita Terkait :


HOT NEWS