Pemerintahan
Kamis, 05 Januari 2017 - 08:34:56 | mukti-ali / Sorot Purworejo

Komposisi Badan Kehormatan Dirubah, Hendrikus Carel Turun Tahta
Komposisi Badan Kehormatan Dirubah, Hendrikus Carel Turun Tahta
Ketua BK Hendrikus Carel. (Dok. Sorot Media)

Purworejo,(sorotpurworejo.com)--Meski internal Badan Kehormatan (BK) DPRD Kabupaten Purworejo memutuskan untuk tidak merombak struktur BK saat ini, namun anggota DPRD lainnya meminta pimpinan DPRD untuk melakukan pemilihan ulang komposisi BK. 

Hal itu terlontar saat rapat paripurna, Rabu (04/01/2017). Dalam sidang paripurna membahas pandangan fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Perda) Prakarsa DPRD yang dipimpin oleh Yophi Prabowo, sejumlah anggota mengajukan interupsi saat pimpinan sidang membacakan susunan struktur Badan Kehormatan dimana Hendrikus Carel disebut sebagai Ketua BK. 

Saat melontarkan interupsi, Sekretaris Fraksi PKS, Ngadiyanto mengungkapkan, bahwa dalam peraturan DPRD Pasal 56 ayat 7 tertulis bahwa masa tugas anggota Badan Kehormatan maksimal 2,5 tahun.

"Untuk itu saya meminta kepada pimpinan untuk meminta pendapat para fraksi sebelum struktur BK itu diketok. Karena masa jabatan anggota BK 2,5 tahun akan habis dalam dua bulan kedepan, tentu harus dilakukan pemilihan ulang," kata Ngadiyanto.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam peraturan itu tidak diatur bahwa anggota BK dapat dipilih kembali setelah menjabat satu periode. Sehingga struktural BK harus diganti dengan dilakukan pemilihan ulang.

"Ini aturan yang harus dipedomani bersama. Kecuali kalau ada yang bisa menunjukkan aturan jika anggota BK dapat dipilih kembali setelah menjabat," tandasnya.

Hal senada juga disampaikan Imam Teguh Purnomo dari Fraksi Golkar. Menurutnya, struktural BK juga harus diperbarui jika mengacu pada peraturan DPRD. 

"Untuk itu alangkah lebih baik jika pimpinan sidang menskorsing rapat paripurna ini. Setelah itu silakan masing-masing fraksi mengajukan calon anggota BK untuk dilakukan pemilihan," tandasnya.

Menanggapi interupsi dari para anggota DPRD, pimpinan sidang Yophi Prabowo memutuskan untuk menskorsing sidang. Terkait pemilihan anggota BK akan disampaikan kemudian hari. 

Akibat perbedaan pendapat tersebut, terpaksa pimpinan sidang memutuskan untuk mengambil skors dan melakukan pemilihan ulang ketua BK. DPRD akan melakukan pemilihan ulang dengan meminta masing-masing fraksi mengajukan calon.

 

Berita Terkait :