Pendidikan
Senin, 09 Januari 2017 - 10:42:58 | widarto / Sorot Purworejo

Tangkis Isu Hoax, Banyak Orang Ikut Madrasah Jurnalistik
Tangkis Isu Hoax, Banyak Orang Ikut Madrasah Jurnalistik
Space Iklan
Suasana kegiatan Madrasah Jurnalistik

Purworejo, (sorotpurworejo.com)--Guna menangkal isu-isu yang dinilai kurang layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat, terutama di media-media yang sering menimbulkan perselisihan, Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Daerah Muhammadiyah bersama Anggkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Purworejo membekali kadernya dengan dunia kejurnalistikan.

Sekitar 106 peserta dari berbagai perwakilan seperti Majelis dan Lembaga PDM Purworejo, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Se-Purworejo, Amal Usaha Muhammadiyah dari tingkatan SD-SMP-SMA, Organisasi Otonom Muhammadiyah tingkat daerah dan perwakilan Ortom, UKM dan HIMA Universitas Muhammadiyah Purworejo, diajak mengikuti kegiatan Madrasah Jurnalistik di ruang seminar Universitas Muhammadiyah Purworejo, Minggu (08/01/2017).

Acara yang berlangsung hingga sore hari itu diisi oleh narasumber sejumlah wartawan dari media cetak, online serta televisi di Purworejo.

"Tujuannya untuk melahirkan jurnalis handal yang menghasilkan karya yang aktual, berimbang dan mencerahkan," tutur Akhmad Mulidin Musdani, selaku ketua panitia pelatihan.

Ketua PDM Purworejo yang membidangi Majelis Pembedayaan Masyarakat, Lingkungan Hidup dan Majelis Pustakan dan Informasi, Sayoga Julianto mengungkapkan, kegiatan madrasah jurnalistik ini sebagai upaya melahirkan kader yang mengerti dunia kejurnalistikan sehingga bisa menyampaikan informasi dengan benar, bukan berita bohong atau palsu (hoax).

Kerja jurnalistik harus didasari dari rasa semangat dan kesungguhan. Perlu diketahui pula bahwa kerja jurnalis adalah orang yang selalu berwawasan setiap hari karena ia mampu bertanya kepada siapa saja yang mereka temui untuk menyampaikan peristiwa dan informasi.

Assisten Bupati Purworejo Bidang Admintrasi dan Kersa Piurworejo, Muh. Wuryanto yang hadir dalam acara itu menyatakan, keberadaan pers saat ini sangat penting baik dalam hal pembangunan terutama mencerdaskan masyarakat juga sebagai kontrol sosial yang paling efektif. Bahkan pers juga dijuluki sebagai pilar keempat demokrasi selain eksekutif, judikatif dan legislatif. 

Berita Terkait :


HOT NEWS