Peristiwa
Selasa, 10 Januari 2017 - 08:48:05 | mukti-ali / Sorot Purworejo

Langganan Longsor, Warga Minta Senderan
Langganan Longsor, Warga Minta SenderanIklan Samping BeritaPetugas bina marga sedang membersihkan sisa longsor

Bruno, (sorotpurworejo.com)--Hujan lebat yang kerap mengguyur wilayah Kecamatan Bruno dan sekitarnya menyebabkan rawan bencana tanah longsor. Seperti halnya yang terjadi pada tebing setinggi lebih kurang 7 meter yang berada di tepi jalan Raya Kutoarjo-Wonosobo, tepatnya di Desa Peniron RT 03/RW 02 Kecamatan Bruno.

Kondisi tanah yang labil dan tanpa penyandar kerap mengakibatkan longsor di lokasi itu saat hujan lebat. Kondisi tersebut mendesak butuh perhatian serius. Mengingat selain mengancam menggerus jalan, longsor pun mengancam 3 rumah warga yang berada di atas tebing.

Diketahui longsor terakhir terjadi pada Sabtu (07/01) malam. Pantauan di lapangan, material longsor yang terjadi Sabtu malam menutup sebagian jalan. Petugas Bina Marga yang melakukan evakuasi baru berhasil menyingkirkan tanah berlumpur pada Senin (09/01) siang. 

Yuniarto, salah satu pemilik rumah di lokasi itu menyebutkan, sedikitnya telah terjadi 3 kali longsor berat pada musim penghujan terakhir.

“Material longsor menutup jalan. Kalau pas longsor ya kendaraan harus lewat bergantian," katanya, Selasa (10/01/2017).

Pihaknya berujar, selama ini dirinya dan warga lain terus berusaha untuk mencegah longsor dengan bekerja bakti memancang bambu sebagai penyangga. Namun, kelihatannya upaya itu tidak banyak berpengaruh.

Menurutnya, pembuatan senderan cor menjadi satu-satunya solusi paling jitu. Lantaran biaya pembuatannya mahal warga hanya bisa berharap ada perhatian dari pemerintah.

Berita Terkait :


HOT NEWS