Ekonomi
Jumat, 17 Februari 2017 - 16:56:54 | mukti-ali / Sorot Purworejo

Dorong BUMDes Maju, Nanti Berlabel Gentong Mas
Dorong BUMDes Maju, Nanti Berlabel Gentong Mas
Space Iklan
foto dok sorot

Purworejo,(sorotpurworejo.com)--Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Purworejo mendorong seluruh desa di wilayah Purworejo untuk segera membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dorongan tersebut diwujudkan dengan menggelar sosialisasi pendampingan pembentukan BUMDes.

Sosialisasi dibagi dalam 8 angkatan diikuti perwakilan desa se-Kabupaten Purworejo di salah satu hotel di wilayah Purworejo sejak tanggal 13 hingga 23 Februari 2017 mendatang. 

Kepala Dinpermades Purworejo, Sumharjono saat memberikan materi dalam sosialisasi mengungkapkan, BUMDes ditargetkan dapat terbentuk di seluruh desa dan akan dilaunching secara serentak di Pendopo Kabupaten Purworejo pada bulan Mei 2017.

Wadah BUMDes yang dibentuk rencananya akan diberi label Gentong Mas yang memiliki kepanjangan Gerakan Gotong Royong Masyarakat. 

“Prioritas pemanfaatan dana desa pada tahun 2017 antara lain untuk pengembangan produk unggulan desa, pembentukan BUMDes, pembuatan embung desa, dan sarana dan prasarana olahraga,” ungkapnya, Jumat (17/02/2017). 

Sumharjono dalam kesempatan itu juga menyebutkan, sejumlah desa di wilayah lain hingga saat ini telah berhasil membentuk dan mengelola BUMDes dengan omzet hingga miliaran rupiah.

Salah satunya yakni BUMDes Ponggok di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah yang mempunyai bidang usaha wisata air ponggok, toko BUMDes, serta program satu rumah satu sarjana.  

BUMDes yang menjadi percontohan antara lain BUMDes Blang Krueng Aceh dengan bidang usaha penggemukan sapi dan simpan pinjam dengan aset hingga Rp 1,08 miliar.

“Desa-desa bisa melakukan studi banding ke BUMDes unggulan dengan menggunakan Dana Desa. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan setiap desa nantinya pada tahun 2017 dapat menganggarkan untuk pembentukan BUMDes yang diikuti dengan anggaran penyertaan modal usaha sehingga BUMDes bisa lebih maju dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.

Berita Terkait :


HOT NEWS